Public Lecture
Islam as Critique: In Extraordinary and Ordinary Lives
Graduate Forum 2018
Otoritas Keagamaan, Politik, dan Budaya Masyarakat Muslim
International Conference
Constitutional Reform, Electoral Politics, and Democracy: a Comparison between Afghanistan and Indonesia
Beasiswa Martha C. Beck

 

 

Keluarga Mahasiswa Pascasarajana (KMP) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan Musyawarah Besarperdana pada hari Kamis, 11 Oktober 2018. Kegiatan ini dibuka dengan Orasi Ilmiahbertema “Securing Future” Kaum Muda, Kepemimpinan dan Tantangan Global yang disampaikan oleh Prof. Noorhaidi MA, M.Phil Ph.D pada saat pembukaan.Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan pentingnya peran pemuda dalam mengusung setiap perubahan. Misalnya, merujuk pada beberapa peristiwa besar yang dialami bangsa ini mulai dari Proklamasi dan penurunan rezim Orde Baru.  Pemuda selalu berada di garda depan sebagai pengawal dan pelopor terjadinya perubahan. Selain itu beliau juga membahas karakter-karakter pemuda yang diistilahkan masih “gentayangan” dalam mencari jati diri. Pada keadaan sepeti itu sangat rawan bagi mereka jika terjerumus dalam kelompok-kelompok radikalisyang menyesatkan. Apalagipemuda saat ini dihadapkan dengan tantangan zaman yang ditandaimasifnya perkembangan tehnologi, Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) dan Era Industrialisasi. Jika sumber daya manusia yang dimiliki tidak mampu menjawab tantangan tersebut maka jelas akan mengalami kesulitan dalam berkompetisi dengan masyarakat global.

Beliau kemudian juga mengucapkan selamat kepada pengurus periode 2017-2018 yang telah menyelesaikan tugas kepengurusan selama satu tahun terakhir. Kegiatan-kegiatan KMP seperti Graduate Forum, Thesis Discussion Club, Bedah Buku dan Kuliah Umum merupakan program kerja unggulan yang akan menunjang kegiatan akademik mahasiswa Pascasarjana. Sehingga, perlu terus dikembangkan tentunya dengan inovasi-inovasi sesuai kebutuhan mahasiswa S2/S3 di Lingkungan Pascasarjana.

 

 

Dalam acara yang sama ketua umum KMP periode 2017-2018 Riska Dwi Agustin S.Hum., MA menyampaikan rasa syukur yang tak terhingga atas dukungan dari semua pihak terutama kepada Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga yang telah memberi dukungan penuh kepada KMP sehingga mampu menjadi organisasi yang produktif. Selama mengemban amanah sebagai ketua umum tentu banyak menemui tantangan baik dari internal maupun eksternal organisasi. Namun, dinamika dalam berorganisasi merupakan suatu hal yang wajar dan dapat dijadikan ladang pembelajaran untuk mencetak pemimpin-pemimpin masa depan yang berkarakter. Ucapan terima kasih juga diberikan kepada para pengurus dan anggota KMP yang telah menciptakan ruang tumbuh bersama melalui sebuah wadah organisasi yang berorientasi pada kegiatan-kegiatan akademik.

 

Musyawarah Besar ini dihadiri oleh Penasehat KMP Ketua Program Studi S2 Ro’fah BSW, Ph.D dan Dr. Nina Mariani Noor., MA. Selain itu dihadiri pula oleh Ketua Asmapada Universitas Ahmad Dahlan, Ketua HMP Universitas Gajah Mada dan KMP Universitas Negeri Yogyakarta.  Musyawarah Besar yang teerdiri dari empat sidang Pleno ini diakhiri dengan pemilihan Ketua Umum. Pada forum tersebut telah terpilih Anis Fitriyah S.PdI Mahasiswa  Konsentrasi Studi Disabilitas dan Pendidikan Inklusi sebagai Ketua KMP periode 2018-2019. Semoga kepengurusan KMP selanjutnya mampu mengemban amanah dan bersama-sama memajukan Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. (red.rsk)