Beasiswa Program Magister Lanjut Doktor

 

 

Kamis lalu (29/11) 2018, Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UIN Sunan Kalijaga menggelar Graduate Forum. Ini adalah ruang pertemuan antar mahasiswa pascasarjana di Indonesia, baik tingkat master maupun doktoral. “Otoritas Keagamaan, Politik dan Budaya Masyarakat Islam” adalah tema utama yang diusung Graduate Forum kali ini. Sebagaimana Graduate Forum tahun sebelumnya, tahun inipun para mahasiswa undangan mesti mengirimkan makalah mereka untuk dipresentasikan.

 

42 makalah dipresentasikan dalam Graduate Forum kali ini. Para presenter dibagi kedalam empat ruangan, sesuai dengan fokus kajian penelitian mereka. Kemudian acaran ditutup dengan berdiskusi bersama di Convention Hall. Hadir sebagai pemantik diskusi Prof. Noorhadi Hasan, Prof. Magdy Bahig Behmen, Dr. Yanwar Pribadi, dan dimoderatori Dr. Nina Mariana Noor. Acara berlangsung semarak dengan dihadiri ratusan peserta.

 

 

Adapun tujuan atas penyelenggaraan acara ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para mahasiswa pascasarjana dalam penelitian. Ro’fah, Ketua Jurusan Pascasarjana tingkat Master mengatakan, Graduate forum merupakan salah satu tradisi akademik yang coba dibangun di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Di forum ini mahasiswa magister dan dokrotal berkesempatan untuk sharing penelitian yang dilakukannya, baik terkait dengan tugas akhir atau tidak. “Ini penting karena praktik yang ada, biasanya, mahasiswa lebih banyak menjadi pendengar, konsumen dari kegiatan akademik. Forum ini diharapkan menjadi ajang mahasiswa pascasarjana meningkatkan kemampuan sebagai peneliti dan akademisi menyampaikan ide, membangun argumen, mengaplikasikan metodologi, memahami teori dan yang jelas, menulis hasil,” tambahnya.

 

 

Senada dengan itu, Aflahal Misbah mengatakan, Graduate Forum merupakan konferensi Mahasiswa Pascasarjana yang ditujukan untuk merespons perdebatan yang sudah dan masih ramai dibicarakan di dunia akademis. “Ini juga upaya untuk menyesuaikan visi dan misi Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga menjadi salah satu centre of excellence pengkajian Islam.”

 

KMP UIN Sunan Kalijaga sebagai penyelenggara acara berharap, dengan adanya forum ini akan lahir para peneliti yang berkompeten. “Kita punya visi terwujudnya masyarakat akademis, inklusif dan berwawasan keislaman yang berorientasi pada produk tulis”, ujar Anis Fitriyah, Ketua KMP. Graduate Forum ini adalah agenda tahunan. Diharapkan dengan suksesnya acaranya ini, dapat memberikan motivasi bagi para hadirin untuk ikut bergabung di tahun berikutnya. (Eko Saputra).