International Conference & Workshop
“Revisiting the Concept of Integration between Islam and Sciences and the Development of Graduate Studies at Indonesian Islamic Universities”
Call for Papers
Joint Seminar Pascasarjana-RSIS
Call for Papers
a Joint Seminar on Islamic Knowledge dan Culture in Southeast Asia
Beasiswa S2
Informasi PMB
Penerimaan Mahasiswa Baru 2017

Direktur Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Prof. Noorhaidi Hasan memberikan apresiasi atas terlaksananya Graduate Forum 2016. Dalam sambutan penutupan acara, Selasa 8 November 2016, Noorhaidi mengatakan Graduate Forum 2016 ini menjadi arena untuk memperkuat riset di kalangan mahasiswa S2 dan S3 pascasarjana di Indonesia untuk mempertemukan berbagai disiplin ilmu, pemikiran dan keahlian.  Juga menjadi ajang mimbar bagi para mahasiswa pascasarjana dalam menelorkan, pikiran, ide, dan temuan yang brilian dengan pelbagai topik yang bervariatif. Kegiatan ini merupakan yang pertama kali dan diselenggarakan di Pascasarjana UIN Sunan Kalijga Yogyakarta, setelah sebelumnya dilaksanakan rihlah ilmiah Ikatan Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (IKMP).

Sementara Muhamad Abdul Aziz (Ketua Panitia acara) menilai graduate forum merupakan suatu ajang dan mimbar akademik yang tepat untuk mendiskusikan ide gagasan, pikiran, dan temuan baru mahasiswa pascasarjana. Aziz juga melihat bahwa graduate forum menjadi media membangun jejaring intelektual mahasiswa pascasarjana. Ia pun menambahkan, bahwa Graduate Forum 2016 saat ini menyajikan tulisan-tulisan riset terpilih yang ditulis oleh mahasiswa pascasarjana S2 dan S3 se-Indonesia yang konsen terhadap  permasalahan kaum muda. Aziz berharap, hadirnya para penulis dari berbagai jurusan dan konsentrasi dalam Graduate Forum ini bisa memperkaya perspektif dan memberikan gambaran yang lebih luas dan mendalam tentang permasalahan di kalangan kaum muda.  Menurutnya, problematika yang sudah menginfeksi kaum muda adalah fakta yang harus disikapi secara arif dan bijaksana. Dengan penyikapan seperti itu, maka kita bisa berfikir jernih, objektif, dan komprehensif untuk kemudian bisa mencari jalan keluar dari masalah-masalah ini. Bagaimanapun, generasi muda adalah aset bangsa yang harus dijaga dengan sepenuhnya dan seserius mungkin. Oleh karenanya, berbagai tawaran tentang arah tujuan kaum muda dan penguatan pendidikan keagamaan serta pendidikan karakter bangsa dapat memberikan solusi.

Sementara itu, ketua IKMP UIN Sunan Kalijaga Moh. Amursyid dalam sambutannya menjelaskan, IKMP UIN Sunan Kalijaga sudah berdiri sejak tahun 2006. Namun dengan adanya pergantian kepengurusan IKMP UIN Sunan Kalijaga mengalami stagnasi hingga pada tahun 2012 setelah diadakannya Rapat pertemuan perwakilan mahasiswa dari berbagai program studi dipimpin oleh Saudara Ainur Rahim, M.Si selaku senior di IKMP UIN Sunan Kalijaga maka diputuskan untuk memilih kembali Ketua IKMP UIN Sunan Kalijaga yang baru.  Dari susksesi ketua ini terpililah Saudara Sumarto sebagai Ketua IKMP UIN Sunan Kalijaga periode 2012-2013. Dinamika IKMP selanjutnya, pada 5 Desember 2014 di adakan Rapat Kerja IKMP UIN Sunan Kalijaga periode 2014-2015 dan berhasil merumuskan program kerja selama 1 tahun dengan indikator: sangat berhasil (A)-berhasil (B)-kurang berhasil (C)-tidak berhasil (D) berdasarkan program kerja yang terlaksana dan tidak terlaksana. Program terbaru IKMP saat ini adalah sekolah riset yang akan diadakan di kampus Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, tandasnya.

 

 

Pengunjung

Harian 116

Kemarin 245

Mingguan 1422

Bulanan 6466

Total Pengunjung 86465