Prof. Machasin Tulis Artikel Berjudul : Takwil Mimpi Nabi Yusuf

Ketua Umum MUI Daerah Istimewa Yogyakarta sekaligus Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr. H. Machasin, M.A. menulis artikel dalam koran Kedaulatan Rakyat (KR) tanggal 9 April 2022 dengan judul “Takwil: Mimpi Nabi Yusuf”.

Dalam tulisanya prof. Machasin mengawali artikelnya dengan menggambarkan mimpi yang dialami Nabi Yusuf dimana Nabi Yusuf sebagaimana yang diceritakan dalam al-Qur’an Surah Yusuf ayat 4 bahwa ia bermimpi terdapat sebelas bintang dan bulan bersujud kepadanya. Prof. Machasin berpendapat bahwa mimpi ini dapat dimaknai sebagai keinginan untuk menundukkan orang orang yang selama ini telah menimbulkan keadaan yang kurang baik baginya. Dalam hal ini adalah saudara saudaranya yang lebih dewasa dan kuat darinya.

Bisa dibayangkan Yusuf kecil seolah menyatakan visinya kepada ayahnya “aku akan kalahkan mereka”. Pernyataan ini kiranya betul jika dikaitkan dengan pesan sang ayah( untuk tidak menceritakan mimpinya kepada saudaranya karena khawatir saudaranya akan menyakitinya).

Ketika Yusuf dipenjara seusai insiden dengan Julaiha istri pembesar dimasanya. Ia berjumpa dengan dua orang kawan yang bermimpi memeras anggur untuk dibuat khamr dan membawa roti diatas kepalanya. Dengan analisisnya Nabi Yusuf dapat menebak dan menafsiran mimpi mereka.

Untuk tulisan lebih lengkap dapat membaca lebih lanjut di koran Kedaulatan Rakyat tanggal 9 April 2022.