Promovendus

:

Hartono (1530016006)

Judul Disertasi

:

STRATEGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DALAM MEMBANGUN AKSESIBILITAS INFOMASI BERBASIS NILAI ISLAM MULTIKULTURAL: (Studi Kasus Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri di Malang Jawa Timur)

Promosi

:

Kamis, 22 Agustus 2019, Pukul: 13.00 - 14.30 WIB.
Aula Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga
     

Promotor

:

1. Prof. Dr. H. Syihabuddin Qulyubi, Lc., M.Ag.
2. Dr. Nurdin Laugu, S.Ag., S.S., M.A.
                                         

Penguji

 

:

 

1. Prof. Dr. H. Iskandar Zulkarnain.                                 
2. Dr. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., S.S., M.Si.                                                      
3. Dr. Anis Masruri, S.Ag., SIP., M.Si.             
4. Dr. Agung Fatwanto, S.Si., M.Kom.                   

 

Abstraksi

 

:

 

Dalam sejarah peradaban manusia, perpustakaan merupakan organisasi yang tumbuh dan berkembang (growing organism) yang mampu beradaptasi dengan perkembangan jaman. Transformasi perpustakaan di era informasi tersebut telah menggeserkan peran perpustakaan digital dalam membangun aksesibilitas informasi. Sejumlah faktor yang berhubungan dengan aksesibilitas informasi pada pengembangan perpustakaan digital perguruan tinggi terbangun dalam aspek organisasional, aspek mekanisasi, otomatisasi dan komunikasi informasi dan aspek legalitas informasi. Namun demikian dalam praktek di lapangan bahwa keberhasilan pengembangan perpustakaan digital bukanlah ditentukan pada manajemen modern dan kecanggihan teknologi informasi namun integrasi nilai lokal keberagaman tidak lepas dari perhatian pengembangan perpustakaan digital.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan paradigma kajian pengembangan perpustakaan digital dalam membangun aksesibilitas informasi berbasis nilai Islam  multikultural. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam (dept interview) dan pemilihan objek dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling dengan 12 (duabelas)  informan terdiri unsur kepala perpustakaan, kepala bidang, pengelola koleksi digital, pustakawan pengelola layanan digital dan mahasiswa. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada proses analisis yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yang meliputi 3 (tiga) tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.