Promovendus

:

Hendra Harmi (1130017009)

Judul Disertasi

:

PENGARUH PENGALAMAN MULTIKULTURAL TERHADAP KECERDASAN KULTURAL SISWA (Dari Sudut Pandang Agama, Etnisitas dan Gender pada Sekolah Menengah Atas Curup Rejang Lebong)

Promosi

:

Jum'at, 30 Agustus 2019, Pukul: 14.00 - 15.30 WIB.
Aula Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga
     

Promotor

:

1. Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag.
2. Prof. Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.
                                         

Penguji

 

:

 

1. Ro'fah, BSW., M.a., Ph.D.                                 
2. Dr. Sri Sumarni, M.Pd.                                                      
3. Dr. Muqowim, M.Ag.             
4. Dr. Inayah Rohmaniyah, M.A., M.Hum                   

 

Abstraksi

 

:

 

Multikultur merupakan realitas kehidupan yang tidak dapat dihindari. Namun saat ini, beberapa sekolah negeri cenderung melakukan adaptasi-kultural melalui satu perspektif saja seperti penerapan program keislaman yang mewajibkan kepada semua siswanya baik muslim mapun non muslim untuk menggunakan busana muslim dan muslimah, mengikuti kegiatan hari-hari besar Islam. Sebaliknya sekolah swasta yang berafiliasi dengan agama Kristen cenderung tidak melakukan penguatan identitas keagamaan mereka, bahkan membuka diri untuk menerima siswa yang berbeda latar belakang agama, budaya, serta memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengembangkan diri sesuai dengan potensi masing-masing. Fakta empiris ini, menunjukkan paradok dan terjadi arus penguatan politik identitas sekolah. Problem tersebut menjadi fondasi dalam penelitian ini, dengan judul: “Pengaruh Pengalaman Multikultural Exposure (X1) dan Pengalaman Multikultural Siswa Interaction (X2) terhadap Kecerdasan Kultural (Y) Siswa dari Sudut Pandang Agama, Etnisitas, dan Gender Pada SMAN 01, SMAN 02, dan SMA Xaverius Curup Rejang Lebong”.

Rumusan masalah penelitian ini adalah : Apakah Pengalaman Multikultural Exposure dan Interaction berpengaruh secara sendiri-sendiri dan simultan terhadap Kecerdasan Kultural Siswa Muslim dan non Muslim, Rejang dan non Rejang, Laki-laki dan Perempuan  pada SMAN 01, SMAN 02 dan SMA Xaverius Curup Rejang Lebong dan bagaimana perbedaannya?