Raker Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Kamis-Jumat tanggal 24-25 Maret Tahun 2022 di Hotel Jayakarta Yogyakarta

Dalam rangka evaluasi dan implementasi kinerja Pascasarjana, maka Pascasarjana melaksanakan Raker tahunan. Raker tersebut dilaksanakan selama dua hari, yang dihadiri oleh Direktur, Wadir, Kasek Prodi S2 IIS (Interdisiplinery Studies) dan Prodi S3, SI (Studi Islam), para dosen, Kasubbag dan Tendik. Menurut Prof. Dr . Abdul Mustaqim, Direktur Pascasarjana, raker ini sangat penting sebagai forum resmi untuk menyampaikan laporan dan evaluasi, sekaligus untuk memantabkan rencana berbagai program kegiatan Pasca dan implementasinya, khususnya untuk tahun 2022. Hadir dalam raker tersebut Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Almakin, Ph.D dalam rangka memberikan arahan, support dan menyampaikan kebijakan UIN Sunan Kalijaga tahun 2022. Menurutnya, capaian Pascasarjana ini luar biasa dan tidak diragukan lagi untuk terus mengawal visi moderasi dan Internasionalisasi UIN Sunan Kalijaga.

Sementara itu, Wakil Rektor II Dr. Phil, Sahiron, MA juga hadir lewat zoom memberikan arahan dan kebijakan manejement keuangan. Setiap kegiatan harus mempertimbangan PERKIN (Perjanjian Kinerja) dengan Kemenag dan BLU. Prinsipnya, bahwa penggunaan keuangan itu adalah efektif dan efisien dan PAU akan men-support unit-unit yang ada di UIN Sunan Kalijaga, termasuk Pascasarjana untuk implementasi program. Demikian tutur Warek II.

Diantara program dan agenda terpenting tahun 2022 adalah bahwa Pascasarjana akan mengadakan kegiatan Summer Course Kerjasama Pascasarjana dengan NISIS (Netherlands Interuniversity School for Islamic Studies) melanjutkan program yang sudah dirintis Prof. Dr. Noorhaidi dengan tema Mobilty and Mobilization in Muslem Society. Disamping itu, Pascasarjana juga akan melaksanakan Sandwich Program dengan mengirimkan para mahasiswa PMLD ke luar negeri, seperti 1. National Cheng Kung University Taiwan, 2. Internasional Islamic University Malaysia 3. NTU (Nanyang Technological University Singapura, 4. Zaituna Tunis, 5. Canal Suez University Mesir, 6. Technical University Turki, 7. King Fahd University of Petroleum dan Mineral Saudi Arabia.

Dalam raker yang dimoderatori oleh Wadir Ahmad Muttaqin Ph.D disampaikan juga berbagai laporan dan capaian dari Pusat Studi ITMS (Islamic Thought and Moslem Society) oleh Dr. Subi Nur Isnaini, dan juga team Jurnal KII oleh Dr. Lessy. Menurutnya, Jurnal KII (Kajian Islam Interdisiplinery), ke depan akan diproyeksikan sebagai jurnal Internasional scopus. Satu hal yang harus diperhatikan juga adalah tentang menejemen website Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga untuk terus men update informasi kegiatan Pascasarjana. Ada banyak masukan dan saran serta harapan dari para peserta raker tersebut. Mudah-mudahan, Pascasarjana ke depan terus bisa meningkatkan dan mengukir prestasi yang lebih baik lagi. Kata kuncinya adalah bahwa setiap kegiatan dan program yang akan dilaksanakan memegang prinsip kolaboratif, koordinasi dan komunikasi.