Summer School 2022Sudah Didepan Mata : Wawancara Eksklusif dengan Dr. Munirul Ikhwan

Bagaimana Indonesia Bisa Menjadi Tuan Rumah Summer School?

Sebuah kehormatan Indonesia menjadi tuan rumah Summer School 2022. Karena pada acara yang serupa sebelumnya perhelatan ini biasanya diadakan di sekitaran Eropa. Nama Indonesia muncul untuk menjadi tuan rumah sudah ada pada sekitar tahun 2010/2012. Mungkin kebetulan pada Summer School tahun ini mengusung tema “Mobility and Mobilisation in Muslim Society” Indonesia yang relatif jauh menjadi pilihan sebagai tuan rumah Summer Schhol 2022.

Tentu diselenggarakanya Summer School di Indonesia merupakan wujud dari jaringan akademik yang dimiliki Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Yang menarik adalah dalam menyelenggarakan acara ini kita tidak mengeluarkan uang untuk akomodasi dan lain lain. Kita hanya menyiapkan tempat dan penyambutan saja.

Kapan Summer School Biasa Dilaksanakan?

Sebenarnya Summer School ini diadakan pada tahun 2020 akantetapi karena kasus Covid masih tinggi dan adanya pembetasan dari pemerintah, maka Summer School ditunda. kemudian bergeser ke 2021 kami beberapa sudah menyiapkan mulai dengan pengumuman dan lain-lain, akantetapi karena kasus Covid masih tinggi, maka digeser lagi pada tahun 2022 ini.

Apa Kendala Sebagai Tuan Rumah?

Kendala yang paling serius adalah masalah visa dan perizinan masuk dari pemerintah Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa pandemi Covid masih belum berakhir walau angkanya sudah menurun. Akan tetapi pemerintah masih memberlakukan kebijakan preventif dengan membatasi orang luar negeri yang masuk. Seperti diketahui peserta yang akan hadir di acara ini berkiar 70an orang yang datang dari negaranya masing masing.

Kunjungan budaya masih belum dibuka tapi untungnya ada visa on arrival dan didalamnya ada aspek untuk kunjungan wisata dan kunjungan pemerintahan, itu yang menjadi celah bagi kita. Hal tersebut menjadi tantangan yang berat bagi kami, tapi alhamdulillah semua bisa terselesaikan dengan lancar. Keran masuk warga asing juga mulai dikendorkan oleh pemerintah.

Bagaimana Persiapan menjadi Tuan Rumah?

Panitia sudah siap dan semua sudah berjalan dengan lancar. Momen libur lebaran kemarin menjadikan panitia agak keteteran dan harus mempersiapkan acara dengan cepat pasca libur lebaran. Mengingat acara dipersiapkan hanya dalam waktu satu setengah bulan tentu panitia harus bekerja ekstra.

Apa Perbedaan Summer School Tahun ini dengan Sebelumnya?

Prakter di luar negeri Summer School biasanya sedikit dan hanya untuk orang orang tertentu saja. Akan tetapi di Indonesia kali ini kita ingin memberikan pengaruh yang luas sehingga kita mengudang banyak universitas untuk dapat mengikuti acara agar dapat melihat perhelatan akademik internasional.

Bagaimana Arti Summer School?

Tentu Summer School sangat berarti bagi kita sebagai institusi. Summer School ini selaras dengan moto rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yakni “UIN Suka Mendunia”.