Hari Kedua Sosialisasi Pembelajaran Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga

Jumat, 9 September 2022, Hari kedua sosialisasi pembelajaran Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga diawali dengan sesi pertama tentang Pedoman Akademik Serta Kode Etik Mahasiswa Program Magister (S2) Pascasarjana UIN Sunana Kalijaga yang disampaikan langsung oleh Kaprodi dan Sekprodi Magister (Dr. Nina Mariani Noor dan Najib Kailani, Ph.D.) bertempat di ruangan Convention Hall lantai 2 Gedung Prof. Sunarjo.

Sedangkan penjelasan tentang Pedoman Akademik Serta Kode Etik Mahasiswa Program Doktor (S3) dipaparkan oleh Kaprodi dan Sekprodi Doktor (Ahmad Rafiq, Ph.D.dan Dr. phil. Munirul Ikhwan) di Aula Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan di hari kedua pada sesi terakhir disampaikan materi pelayanan terpadu oleh Dr. Ro’fah dan penjelasan tentang pelayanan perpustakaan yang disampaikan oleh Kepala Perpustakaan UIN Sunana Kalijaga.

Materi-materi yang disampaikan oleh narasumber tersebut diharapkan memberikan output berupa pemahamann mahasiswa baru Program Doktor dan Program Magister Pascasarjana tentang pedoman akademik dan tradisi akademik di Pascasarjana, sehingga mereka siap untuk melaksanakan perkuliahan di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ada tiga tujuan dari diadakannya kegiatan Sosialisasi Pembelajaran (Sospem), yakni: pertama, memberikan pemahaman mahasiswa baru Pascasarjana tentang visi dan misi universitas pascasarjana. Kedua, mensosialisasikan paradigma keilmuan Integratif-Interkonektif dan Core Values UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ketiga, mensosialisasikan pedoman akademik, tradisi akademik, dan roadmap akademik Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dalam kegiatan Sospem, mahasiswa baru diharapkan memahami proses transisi dari fase pelajar di sekolah menuju fase sebagai mahasiswa di perguruan tinggi yang memiliki situasi yang berbeda, khususnya dalam hal kemandirian. Dalam kegiatan ini juga mahasiswa mendapatkan penjelasan tentang keunggulan dan kekhasan masing-masing konsentrasi studi yang ada di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga baik Program Magister (S2) maupun Doktor (S3).

Mahasiswa juga mendapatkan materi tentang Pedoman Akademik dan Pedoman Penulisan Tesis atau Disertasi. Maka dari itu, dengan adanya kegiatan Sosialisasi Pembelajaran (Sospem) Mahasiswa Baru, diharapkan mampu memupuk motivasi mahasiswa baru dalam meningkatkan kapasitas keilmuan serta pengalaman agar menjadi akademisi yang berkualitas dengan kapasitas yang mumpuni di bidangnya masing-masing.