Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Adakan International Student Seminar Bersama Mahasiswa Jepang

Kamis, 23 September 2022 Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan International Student Seminar dengan mahasiswa Universitas Osaka Jepang. Kegiatan ini bertemakan ‘Discussion on Indonesian and Japanese Culture’ yang dimulai pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB di aula Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Seminar ini diikuti oleh puluhan mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga beserta mahasiswa Jepang.

Seminar yang berisikan diskusi mengenai agama dan budaya ini dibuka langsung oleh direktur Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga prof. Dr. Abdul Mustaqim, M.Ag sekaligus memberikan sambutan pembukaan. Dalam sambutanya prof. Mustaqim mengucapkan selamat datang bagi para mahasiswa Universitas Osaka tersebut sekaligus membuka seluas-luasnya diskusi dan sharing lintas kebudayaan. Dr. Yumi Sagahara sebagai ketua rombongan sekaligus dosen pengampu turut memberikan sambutan seremonial dalam mengawali acara.

Setelah sesi pembukaan dan penerimaan cinderamata antar instansi, kegiatan berlanjut dengan presentasi dari mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga yang membahas mengenai budaya nusantara beserta ke-khas-annya. Diantara yang menjadi presenter adalah Hanafi Hertanti, Elas Rachmad Ramadhan, Arisy Abror Dzukroni, dan Noorhidayah.

Kemudian seminar berlanjut dengan presntasi dari mahasiswa Universitas Osaka. Perlu diketahui mereka merupakan mahasiswa Program Studi Bahasa Indonesia Fakultas Bahasa Asing di Osaka Universty, Jepang. Ketika presentasi mereka menggunakan Bahasa Indonesia dalam memperkenalkan budaya dan sejarh agama di Jepang. Di antara mahasiswa Universitasa Osaka yang menjadi presente adalah Honoka Okayama, Kanta Takeuchi, Saho Morikawa, Takumi Miyake, Yuhi Ohno, dan Haruna Takagi.

Setelah sesi presentasi para peserta seminar memberikan beberapa pertanyaan baik dari mahasiswa Universitas Osaka maupun mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.