Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Bersama KMP UIN Suka Selenggarakan Graduate Forum Datangkan Presenter dari Berbagai Universitas di Indonesia

Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Bersama KMP UIN Suka menyelenggarakan forum akademik bernama Graduate Forum. Kegiatan ini telah berlangsung ke lima kalinya sejak tahun 2016. Graduate Forum kali ini diselenggarakan di Convention Hall Gedung prof. Soenarjo lt. 2 UIN Sunan Kalijaga. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari yakni Rabu hingga Kamis atau 1-2 November 2022 dengan tema “Religion and Echology in a Globalized Indonesia”.

Di hari pertama Graduate Forum ini dibuka langsung oleh wakil direktur Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga bapak Ahmad Muttaqin, S.Ag., M.Ag., M.A., Ph.D. Kemudian ditutup denga do’a yang dibacakan oleh Abdurrahman Al Haddar, S.Pd. Acara berlanjut dengan penyampaian materi dari prof. Whitney A. Bauman yang merupakan seorang professor of religious studies at Florida International University in Miami, Florida. Dalam presentasianya ia mengangkat tema “Developing A Critical Planetary Romanticism (CPR) for the Earth: (Re)Attuning to the Post-Human Worlds We Live In” yang dimoderatori oleh Restu Amalia, S.Ag mahasiswa Pascasarjana UIN Suknan Kalijaga.

Ada sekitar 23 mahasiswa dari 11 universitas dan 1 sekolah yang berpartisipasi dan terseleksi tulisanya untuk dipresentasikan dalam forum ini di panelnya masing-masing. Beberapa universitas tersebut adalah UINSunan Kalijaga, UKDW Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada (UGM), UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIII, Universitas Jember, UIN Walisongo Semarang, PTIQ Jakarta, IAIN Kudus, Universitas Negeri Sebelas Maret Solo, dan Universitas Indonesia.

Pada hari kedua kegiatan selanjutnya adalah public lecture yang dibawakan oleh Dr. Nur Arfiyah Febriani, M.A dari PTIQ Jakarta dan Dr. Suhadi, M.A dari UIN Sunan Kalijaga. Kemudian setelah keynote speaker menyampaikan materinya kegiatan berikutnya adalah pengumuman paper terbaik dan kemudian dilanjut dengan penutupan dan Do’a.