Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga akan Adakan Book Launch and Discussion

Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga bekerjasama dengan Oslo Coalition akan mengadakan Book Launch and Discussion. Buku yang akan diluncurkan tersebut berjudul “Fikih Humanis: Meneguhkan Keragaman, Membela Kesetaraan, dan Kemanusiaan”. Acara ini akan diselenggarakan di aula Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada Jum’at 15 Juli 2022 pukul 09.00 – 11.00 WIB.

Acara ini akan dibuka langsung oleh direktur Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof. Dr. H. Abdul Mustaqim, M.Ag. Kemudian Prof. Noorhadi Hasan, M.Fil., MA. Ph.D dan Dr. Lena Larsen akan memberikan sambutan.

Narasumber yang akan mengisi acara launching buku ini adalah Prof. Dr. Euis Nurlaelawati, MA ( dosen Syari'ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga), Prof. Dr. Nelly Van Dorn Harder (dosen Studi Islam di Universitas Wake Forest di North Carolina),Dr. Nina Mariani Noor, MA. (dosen Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga), dan Dr. Moh. Mufid, Lc., M.HI. (dosen Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Buku yang akan diluncurkan tersebut berisi sebelas bab yang merupakan kumpulan artikel yang ditulis oleh sejumlah peneliti muda dan peneliti senior yang meminati isu hubungan antara Islam dan HAM. Memadukan pemahaman dalam hukum Islam dan eksplorasi teoretis seputar hukum dan HAM, bab-bab buku ini menawarkan sebuah perspektif dan pembacaan yang komprehensif tentang keselarasan antara Islam dan HAM.

Temanya cukup beragam, mulai dari persoalan riddah, kebebasan beragama, problem pendirian rumah ibadah, moderasi beragama, sampai masalah keadilan gender, hadis-hadis diskriminatif, taklik-talak, himgga kekerasan dalam rumah tangga dan aborsi bagi korban perkosaan.

Acara akan dimoderatori oleh Maufur, MA. Ini dapat diikuti oleh khalayak umum dengan melakukan registrasi terlebih dahulu melalui link https://bit.ly/RegistrasiPesertaBookLaunchandDiscussion.

(Niam)