Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Adakan Kegiatan Pengembangan Website dan Media Sosial

Rabu, 3 Agustus 2022 Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga mengadakan kegiatan "Pengembangan Website dan Media Sosial Pascasarjana" bertempat di Aula Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga mulai pukul 09.00 WIB hingga 11.30 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh tim media sosial dan website Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, beberapa perwakilan mahasiswa dan tim jurnal JKII.

Sambutan pertama diberikan oleh Dr. Ita Rodiah, M.Hum selaku Official ManagerWebsite dan Media Sosial Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakartasekaligus ketua panitia kegiatan. Dalam sambutanya, ia mengatakan bahwa kegiatan semacam ini sangat perlu dilaksanakan untuk memperbaiki kinerja dan optimalisasi website dan media Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Kaprodi S3 Ahmad Rafiq,S.Ag., M.Ag., M.A., Ph.D. memberikan sambutan sekaligus membuka acara tersebut mewakili direktur Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga yang berhalangan menghadiri acara. Dalam sambutanya Ahmad Rafiq menegaskan bahwa potensi dan materi yang ada di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga sangat banyak untuk dipublikasikan, sehingga perlu ada optimalisasi untuk memaksimalkan potensi tersebut.

Pemateri yang mengisi kegiatan tersebut adalah Daru Prasetyawan, S.T., M.Kom., dan Muh. Arif Wibisono dari Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data UIN Sunan Kalijaga, sedangkan dari pengelola website dan sosial media Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga diwakili Mohammad Fattahun Ni’am, S.Ag.

Arif Wibisono dalam penyampaian materi singkatnya ia menjelaskan mengenai seluk beluk pembuatan website, pengelolaan dan sejarah dalam karir panjangnya di UIN Sunan Kalijaga. Ia juga mengatakan bahwa PTIPD memberikan kebebasan bagi Pascasarjana dan fakultas di UIN Sunan Kalijaga untuk menggandeng pihak ketiga yakni pengembang website dengan konsekuensi ditanggung masing-masing.

Kegiatan berlanjut dengan pemeteri kedua yakni Daru Prasetyawan. Dalam isi materinya yang bertema optimalisasi website ia menjelaskan banyak hal mengenai langkah langkah yang harus dilakukan agar kinerja website dapat maksimal dan banyak dikunjungi. Ia juga memaparkan beberapa data mengenai kriteria dan minat pengunjung website UIN Sunan Kalijaga.

Kemudian pemateri terakhir yakni Mohammad Fattahun Ni’am mengusung tema sistematika pengelolaan website dan sosial media Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Dalam materinya ia menyampaikan sistem pengelolaan yang dilakukan oleh tim website dan media sosial selama ini. Ia juga menyampaikan mengenai fitur-fitur website dan fungsi media sosial Pascasarjana mulai dari upload dan interkoneksi antar media sosial.

Acara yang dimoderatori oleh Fitri Andriyani, S.sos. ini kemudian diakhiri dengan sesi pertanyaan dari para audiens yang hadir kepada para pemateri. Acara selesai tepat pukul 11.30 dan ditutup dengan bacaan hamdalah. (Niam)